Aug01

Para Ilmuan IPA|Coretan Kecil Buku Nden

Diposting oleh Nenden kurniasih • Di: Dunia IPA
Woke masihan tentang pengetahuan IPA ya...? biggrin untuk kali ini nden bakalan cerita tentang para Ilmuwan-ilmuwan yang terkenal di IPa...? Siapa saja kah mereka...?
.
Kita intip yuuk sob, siap-siaplah mata kalian bintitan woke...? *eh biggrin
.
1. John Dalton (1766-1844)
John Dalton ialah seorang guru SMU di Manchester, Inggris. Ia terkenal karena teorinya yang membangkitkan kembali istilah "Atom". Dalam buku karangannya yang berjudul New System Of Chemical Philosophy ia berhasil merumuskan hal tentang atom sekitar tahun 1803.
.
Ia menyatakan bahwa materi terdiri atas atom yang tidak dapat dibagi-bagi lagi. Tiap-tiap unsur terdiri atas atom-atom dengan sifat dan massa identik, dan senyawa terbentuk jika atom dari berbagai unsur tergabung dalam komposisi yang tetap. Dalton mengemukakan Lima terori tentang atom.
.
Walau dikemukakan hari terbukti ada 2 diantaranya 5 teorinya yang perlu ditinjau kembali, ia tetap dianggap sebagai Bapak pencetus teori atom modern, terlebih lagi karena teorinya tersebut mampu menerangkan Hukum kekekalan massa Lavoisier dan Hukum perbandingan tetap Proust.
.
2. BLaise Pascal (1623-1662)
Blaise Pascal adalah penemu Hukum Pascal yang berasal dari Perancis. Sebenarnya, minat utamanya ialah filsafat dan agama, sedangkan hobinya yang lain adalah matematika dan geometri proyektif. Bersama dengan Pierie de Fermat menemukan teori tentang Probabilitas. Pada awalnya minat riset dari Pascal lebih banyak pada bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan, dimana dia telah berhasil menciptakan mesin penghitung yang pertama kali.
.
3. Karl Landsteiner (1968-1947)
.
Karl landsteiner ialah seorang ahli dari Autralia, menemukan cara penggolongan darah dengan sistem ABO. Menurut beliau, darah dapat dibedakan menjadi gabungan darah A, B, AB, dan O (nol).
Penggolongan darah ini berdasarkan pada kandungan aglutinogen dan aglutinin.
.
*flashback* inget pak Dedi... Heuu... sad tentang perkawinan silang, golongan darah mana yang dominan, intermediet, terus proses pembekuan darah... Huaaaaa... sad
.
4. Heinrich Rudolf Hertz (1857-1890)
Heintich Rudolf Hertz adalah seorang ilmuan fisika yang karena jasa-jasanya, namanya kini diabadikan dalam satuan frekuensi yaitu Hertz. Sedangkan MHz adalah kependekan dari Mega Hertz.
.
*flashback* materi tentang bunyi nih... Heuuu... sad kelas 8, mungkin kalo penemunya Nden satuan frekuensi jadi Ndenz, dan MNz = Mega Ndenz hahaha... #kiding
.
5. Otto Von Guericke (1602-1806)
.
Seorang ahli fisika dari berkebangsaan Jerman telah membuktikan bahwa gelombang bunyi merambat memerlukan medium. Dalam perambatannya, Guericke memasukkan bel kedalam tabung yang telah divakumkan dengan cara memompa udaranya keluar tabung. Beliau mendapatkan bahwa ketika bel dimasukkan kedalam tabung hampa, bunyi bel tidak dapat terdengar. Hal ini membuktikan bahwa bel dapat terdengar jika ada udara sebagai medium penghantar gelombang bunyi.
.
*flashback* ada yang pernah ke Museum IPTEK padalarang...? Ada loh sebuah benda hasil dari penerapan bapak Guericke ini, ketika benda itu di tekan ya tombolnya bunyi bel tidak terdengar. Pada saat pertama nden menyangka bahwa bel nya rusak. Hahaha... Untung gak dipukul sama martil juga itu benda... Hee... biggrin maklum masih ndeso dulu mah, sekarang pun demikian. smile hee...
.
6. James Chadwick (1891-1974)
.
James Chadwick adalah ilmuan asal Inggris, beliau dididik di Universitas Manchester dan bekerja sama meneliti pemancaran sinar gama dengan bimbingan Ernest Rutheford, 1st Baron Rutheford of Nelson. Saat Perang Dunia 1 pecah, ia sedang meneliti peluruhan sinar beta di Jerman. Chadwick ditahan pemerintah Jerman, karena dianggap sebagai musuh. Setelah perang ia bergabung dengan Ernest Rutheford di Cambridge. Ia memakai hamburan partikel sinar alfa untuk membuktikan bahwa nomor atom suatu unsur sama dangan muatan nuklir. Chadwick dan Rutheford mengajukan usul yang menyatakan bahwa dalam inti terdapat partikel tak bermuatan. Namun mereka belum bisa mendeteksi partikel itu secara eksperimental sampai tahun 1932. Pada tahun itu Chadwick berhasil memperlihatkan keberadaan neutron.
.
Ia menerima hadiah Nobel pada 1935. Selama perang dunia II, Chadwick memimpin kelompok ilmuwan Inggrismengembangkan bom atom.
.
Well, bersambung ya ke postingan berikutnya. Dua hal yang sangat disayangkan.
a. Kenapa para ilmuwan kebanyakan laki-laki? Apa karena nabi juga laki-laki...?
.
b. Sangat disayangkan bagi para siswa SMK yang memilih jurusan Akuntansi karena tidak bisa belajar IPA fisika, dan kimia... Ahhh, hal itu yang selalu membuat Nden galau... Kenapa hanya Biologi...? Membosankan sekali... Haduuuhh... sad hiks... Hiks...
.
Sabar kata yang paling kekal, semoga dimasa depan bisa menjadi seorang fisikawati...? Hahaha... smile biggrin mengkhayal dah... razz
.
Semoga postingan ini bisa menambah pengetahuan kalian yaa...? Atau mungkin bisa mengingatkan kembali kalian, jika kalian sudah tahu... smile
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

Belum ada komentar. Tulislah komentar pertama!

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Tag BBCode tersebut diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar